AL QADAR (Malam Lailatul Qadar)

Lailatul Qadar atau Lailat Al Qadar (bahasa Arab : malam ketetapan) adalah malam penting yang terjadi pada bulan ramadhan, yang dalam Al Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan, dan juga diperingati sebagai malam diturunkanya Al Qur’an.

Surat Al Qadar (Al Qur’an Surat ke 97)


AL QADAR
(KEMULIAAN)
  1. Al-Qur’an adalah kitab suci yang mulia. Sesungguhnya Kami telah menurunkanya untuk pertama kali kepada Nabi Muhammad di Gua Hira, atau menurunkanya secara sekaligus dari Laue Maeful ke Baitul ‘Izzah di langit dunia, pada malam qadar, malam kemuliaan dan keagungan.
  2. Dan tahukah kamu, wahai nabi Muhammad, apakah malam kemuliaan dan keagungan itu? Ungkapan Lailatul Qadr baru disebut oleh Al-Qur’an dalam ayat pertama surah ini sehingga Allah perlu menjelaskan artinya dan menggugah perhatian Nabi tentangnya.
  3. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan tanpa malam qadar di dalamnya. Ibadah pada malam itu mempunyai nilai yang sangat tinggi dimata Allah, lebih tinggi daripada ibadah selama seribu bulan.
  4. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh, yakni Jibril dari langit ke bumi dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan makhluk yang telah ditentukan-Nya di Lauh Mahfuz untuk satu tahun mendatang, seperti umur, rezeki kematian dan sebagainya. Inilah yang membuat malam itu begitu mulia.
  5. Sejahteralah malam itu sejak matahari terbenam sampai terbit fajar. Pada malam itu Allah hanya menentukan keselamatan dan kesejahteraan bagi mahluknya. Para malaikat juga turun secara bergelombang sambil membawa rahmat, kebaikan, salam, dan berkah dari Allah. Pada malam itu pula, tiap kali berjumpa dengan orang beriman, para melaikat pasti mengucapkan salam kepadanya.

Waktu terjadinya malam lailatul qadar adalah pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Hal ini sebagaimana hadits dari Aisyah yang mengatakan “Rasulullah SAW. Beritikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dan dia bersabda, yang artinya : carilah malam lailatul qadar di (waktu ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan”. (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).




Sumber :
Wikipedia

Komentar

POPULER

Rangkaian Pancing Dasaran Fleksibel

Penarikan Unit Kendaraan Kredit (EKSEKUSI JAMINAN FIDUSIA)