Datar Lebar

Ini sebenarnya cerita lama yang sudah sekitar 10 tahun berlalu. Berawal dari ajakan seorang sahabat untuk Kemping Ceria di daerah yang tak jauh dari Kota Bengkulu. Daerah itu adalah Datar Lebar yang merupakan sebuah desa di kawasan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah. Daerah ini merupakan dataran tinggi dengan hutannya yang lebat dan air terjunnya yang cantik jernih menyejukkan.

Saat itu perjalanan kami mulai dari Kota Bengkulu tepatnya sekitar kampus Universitas Bengkulu di tempat saya kuliah. Saya pergi bersama tiga orang sahabat Dadang, Zaki dan Andi. Tujuan kami adalah Desa Taba Penanjung. Kemudian dari Taba Penanjung kami masuk ke dalam melalui jalan desa menuju kawasan Datar Lebar. kira kira ini rute nya...
Rute Menuju DATAR LEBAR - Bengkulu Tengah
Sesampainya di Taba Penanjung kami berbelanja memenuhi kebutuhan pangan kami selama kemping dan ini sangat mudah karena Taba Penanjung merupakan Pasar Lokal. Selesai berbelanja kami lanjut berjalan kaki melalui jalan desa menuju Datar Lebar, beruntung diperjalanan kami mendapat tumpangan mobil pick up yang menuju kesana, beruntungnya lagi ternyata mobil yang kami tumpangi adalah Pak Kades Datar Lebar itu sendiri.

Sampi di Desa Datar lebar setelah beramah tamah di rumah pak Kades dan meminta izin kami melanjutkan perjalanan menuju rimbunya hutan dari ujung jalan desa menuju lokasi kemping di dataran tinggi Datar Lebar. Jalan yang dilalui sangat menyenangkan karena selain melewati hutan juga melewati kebun masyarakat, sungai dan menanjak. Setelah berjalan cukup lama kami sampai di lokasi disambut dengan hembusan angin sepoi-sepoi dan gemuruh suara air terjun yang cantik. Kami langsung mempersiapkan tenda tepat di tepi air terjun.

Bersantai Setelah Mendirikan Tenda
 
Hari menjelang malam kami isi malam dengan bercanda ria dan bermain kartu diterangi cahaya bulan dan api unggun.
Pagi hari kami bangun disambut gemuruh suara air terjun yang memancing untuk kami selami. Ajakan ini tak sanggup kami tolak, tanpa basa-basi kami langsung membuka baju dan melompat ke air terjun, sungguh sejuk jernih dan segar sekali airnya.

Air Tejun Datar Lebar
Setelah menikmati kesegaran dan keindahan alam air terjun ini seharian kami memutuskan untuk pulang. Perjalanan pulang lancar tanpa hambatan dibawah teriknya matahari. Sampai di Taba Penanjung lagi, kemudian kami menuju ke Kota Bengkulu dengan menumpang kendaraan, alhamdulillah kami mendapat tumpangan mobil pak Polisi yang baik hati dan sama-sama menuju ke Kota Bengkulu.

Semoga cerita ini bisa bermanfaat memberi sedikit informasi tentang Provinsi Bengkulu tempat dimana saya tinggal. Dan untuk sahabat-sahabatku terimakasih sudah menjadi bagian dari kisah ini.

Komentar

POPULER

Rangkaian Pancing Dasaran Fleksibel

DESAIN TATA LETAK SIRKUIT TERPADU (DTLST)